Powered by Blogger.
RSS

Hindari Makanan ini Jika Mengalami Hipertensi




Mengalami kondisi hipertensi merupakan hal yang berbahaya bagi kesehatan seseorang karena resikonya adalah dapat menyebabkan serangan jantung dan masalah kesehatan serius lainnya. Jika telah mengalami tekanan darah tinggi maka perlu menjaga tubuh termasuk makanan yang akan dimakan. Meskipun kadang kita tidak menahan karena makanan tersebut lezat. Berikut ini daftar makanan yang harus anda hindari jika memiliki tekanan darah tinggi seperti:

1.  Acar

      Acar biasanya terdiri atas potongan sayur sepert mentimun dan wortel yang diberi asam cuka. Meskipun terdiri atas sayuran dan rendah kalori namun acar ditengarai mengandung banyak natrium. Hindari acar karena sedikit asupan dari acar dapat meningkatkan konsumsi natrium sehingga mampu menaikkan tekanan darah.

2.  Sup Ayam Kalengan

      Setiap orang pasti setuju bahwa sup itu enak dan segar, tetapi sup ayam yang berasal dari kalengan sebaiknya dihindari karena akan membahayakan. Sup ayam kalengan berbahaya karena jumlah garam serta bahan pengawet yang disertakan cukup banyak. Penggunaan garam lazim dipakai pada makanan kalengan dan garam menjadi salah satu makanan yang menyebabkan tekanan darah tinggi bila dikonsumsi berlebih.

3.  Asinan

      Seperti halnya dengan acar. Asinan dari sayur juga harus dihindari meskipun sayur baik bagi kesehatan dan rendah kalori namun asinan umumnya mengandung garam yang berlebih dan dapat memacu tekanan darah tinggi.

4.  Kentang Goreng

      Siapa yang tidak suka dengan makanan cepat saji ini, banyak restoran yang menyediakan menu kentang goring dan mengklaim mereka selalu menggunakan minyak yang sehat dan bebas trans lemak, namun kenyataannya kentang goring tetap berbahaya karena memiliki kandungan lemak dan garam yang tinggi.

5.  Bacon

      Bacon merupakan daging tipis yang mengandung lemak dan garam harusnya tidak dikonsumsi bagi Anda yang mengalami tekanan darah tinggi. Bila ingin mengkonsumsi daging, hendaknya memilih daging rendah garam seperti daging ayam kalkun yang rendah lemak.

6.  Daging Panggang

      Steak juga banyak mengandung kandungan garam dan lemak yang sangat banyak sehingga perlu dihindari oleh Anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

7.  Anchovy

      Bahan pelengkap pizza dan pasta ini memang lezat tetapi jika Anda mempunyai tekanan darah tinggi, maka wajib menghindari makanan jenis ini.

8.  Donat

      Donat memang lezat tetapi banyak mengandung lemak dan gula dan berbahaya serta dapat meningkatkan tekanan darah.

9.  Mie Instan
                Mie instan dan ramen juga bukan pilihan yang tepat pasalnya kandungan garam dalam bumbunya ditengarai dapat memicu tekanan darah tinggi sehingga Anda wajib menghindarinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment