Powered by Blogger.
RSS

Diabetes Mellitus Salah Satu Penyebab Katarak di Indonesia


Senin, 25 Juli 2016

Info Kesehatan - Memang sudah bukan rahasia umum lagi jika diabetes mellitus adalah penyebab berbagai jenis penyakit kronik. Mulai dari jantung, stroke, demensia hingga penyakit mata seperti katarak.

“Jika kadar diabetes mellitus seseorang tinggi itu membuat katarak di mata menjadi lebih cepat terbentuk daripada biasanya,” tutur dr. Nasrul Ihsan, SpM sebagai Ketua Pelaksana ‘910 Operasi Katarak Gratis saat ditemui di sela-sela kegiatannya di RS Mata JEC, Kedoya, Jakarta Barat pada hari Sabtu (23 Juli 2016).

Keadaan seperti ini menurut dr. Nasrul Ihsan disebabkan oleh kadar gula yang tinggi sehingga sel-sel lensa menjadi lebih cepat rusak. Akibatnya adalah katarak menjadi lebih cepat muncul. Maka itu diperlukan pencegahan sedini mungkin untuk melakukan pencegahan. Salah satu bentuk pencegahannya dengan rutin menjaga gula darah,” lanjut dr. Nasrul.

Selain itu katarak juga dapat disebabkan oleh mata seseorang terpapar oleh sinar ultra violet. Presiden Direktur JEC dan juga sebagai Direktur Utama JEC Kedoya yaitu dr. Johan A. Hutauruk SpM(K) memberi saran untuk memulai pencegahan dini misalnya dengan menggunakan kaca mata hitam ketika sedang keluar rumah atau tidak langsung memandang ke arah matahari.

“Selain hal-hal di atas perlu juga dilakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan berolah raga. Jika sehat, maka akan terhindar dari penyakit lain yang dapat meningkatkan resiko katarak,” kata dr. Johan saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, katarak merupakan penyakit degeneratif yang dapat menyerang siapapun. Di antaranya 90% orang yang berusia di atas 70 tahun mempunyai masalah pada mata seperti ini. Sementara sisanya mengidap katarak pada waktu usia menginjak 50 tahun.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan dari 285 juta pengidap masalah penghilatan di seluruh dunia, 51% diantaranya disebabkan oleh katarak. Khusus di Indonesia diperkirakan terdapat satu pasien katarak diantara 1000 orang.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment