Powered by Blogger.
RSS

Apakah Mentega Buruk Bagi Kesehatan?




Dalam studi yang ditulis dalam Jurnal PLos One tidak ditemukan indikasi dan hubungan antara konsumsi mentega dan peningkatan resiko penyakit jantung atau stroke. Menurut jurnal tersebut juga mentega dinilai juga mempunyai zat perlindungan terhadap diabetes tipe 2. Meskipun konsumsi mentega sering dihubungkan dengan resiko mati dini, menurut peneliti resiko ini sangatlah kecil.

Penulis jurnal tersebut, Dr. Dariush Mozaffarian, seorang dekan Friedman School of Nutrition Science and Policy di Tufts University di Massachusetts menemukan bahwa mentega aman untuk dikonsumsi. Meskipun demikian tidak berarti bahwa Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi mentega secara berlebihan karena jika berlebihan mentega tetap berbahaya bagi tubuh.

Kandungan lemak jenuh yang tinggi pada mentega sering dianggap sebagai lemak “jahat” tetapi dalam penelitian ini peneliti lebih memfokuskan pada nilai gizi dalam mentega. Mentega dinilai mempunyai efek yang baik bagi kesehatan jika dipadukan dengan makanan yang lain.

Studi terbaru menjelaskan para peneliti menganalisis informasi hasil dari sembilan penelitian dengan menggunakan 636.000 orang sebagai sampel di 15 negara dimana studi berlangsung dari 10 hingga 23 tahun. Kesimpulan yang didapat satu porsi mentega per hari (14 gram setara dengan satu sendok makan) mengakibatkan resiko 1 persen lebih tinggi kematian dini selama jangka waktu penelitian. Jika mentega dikonsumsi lebih dari 1 porsi setiap hari, maka akan memberikan efek pada tubuh jangka panjang. Hasil lain porsi ideal yang dikonsumsi per hari ini dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2.
Hasil lainnya juga menyatakan bahwa mentega bukanlah pilihan yang tepat dan sehat dan lebih baik Anda memilih jenis minyak sehat lainnya yang kaya lemak sehat seperti minyak kedelai, minyak zaitun extra virgin, kanola dan biji rami. Minyak tersebut banyak mengandung lemak tak jenuh sehingga lebih sehat dibandingkan dengan mentega yang mengandung lemak jenuh.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment